Sejarah Hari Batik Nasional

hari batik

Berawal dari masuknya batik dalam Daftar Perwakilan Warisan Budaya Tak-benda UNESCO, semenjak itu akhirnya diinisiasi adanya perayaan Hari Batik Nasional. Pada 2 Oktober 2009, acara tersebut juga tidak hanya mewariskan batik sebagai Warisan Budaya Indonesia, namun juga wayang, keris, noken, dan tari saman. Akhirnya setiap tanggal 2 Oktober diselenggarakan perayaan Hari Batik Nasional, atas adanya pengakuan dari UNESCO. Alasan UNESCO mengakui batik dikarenakan UNESCO menilai jika batik Indonesia memiliki banyak simbol yang berkaitan erat dengan status sosial, kebudayaan lokal, alam, dan sejarah itu sendiri.

Sejarah pembatikan sendiri, di Indonesia sudah mulai sejak masa kerajaan Majapahit. Buktinya ditemukan pada sisa-sisa peninggalan batik yang ada di wilayah Mojokerto dan Bonorowo (sekarang Tulungagung) yang mana wilayah tersebut merupakan bekas wilayah kerajaan Majapahit. Kemudian pengembangannya dilanjutkan pada masa kerajaan Mataram, lalu ke kerajaan Solo dan Yogyakarta. Namun, memang pada masa itu kerajinan batik hanya dapat digunakan oleh kaum bangsawan atau priyayi dan tidak untuk masyarakat biasa. Pada sekitar akhir abad 18 dan awal abad 19, batik mulai dikenal oleh masyarakat luar keraton. Kini batik sudah tidak lagi menjadi simbol dari status sosial, seiring dengan berkembangnya zaman batik mulai digunakan oleh banyak masyarakat biasa dari kelas sosial manapun.

Dengan adanya ragam jenis batik yang berada di Indonesia, terdapat satu jenis batik yang cukup unik persebarannya yakni Batik Tiga Negeri (BTN). Batik ini sesuai dengan namanya dibuat di tiga negeri atau daerah, yakni Lasem, Solo, dan Pekalongan. Harga untuk jenis batik yang satu ini tergolong cukup mahal karena proses pengerjaannya yang lama dan rumit, tapi nilai seni nya tidak usah dipertanyakan lagi. Produksi untuk batik jenis ini masing berlangsung, namun memang prosesnya terbatas dan melemah.

Kini perayaan hari batik diselenggarakan disetiap ekosistem kehidupan manusia. Mulai dari sektor ekonomi hingga politik. Yang menyenangkan dari hari batik nasional juga adalah dengan munculnya sejumlah gerai makanan, minuman, tempat wisata, dan perusahaan yang ramai-ramai memberikan diskon bagi para pelanggannya dengan syarat utama menggunakan baju batik. Hal ini menjadi bentuk bahwa batik masih menjadi sesuatu yang diperhitungkan kehadirannya oleh masyarakat Indonesia, sehingga harus dirayakan.

BatikSolo.ID 08118605394 menyediakan aneka kain Batik Solo secara online dengan harga terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *