Pusat Produksi Kain Pantai Solo

kain pantai solo

Jika mendengar kata Solo atau Surakarta, maka ada kemungkinan hal yang tercetus pertama kali di pikiran adalah batik. Batik merupakan salah satu jenis kain yang paling dikenal dari Indonesia. Batik juga sudah memiliki pengakuan internasional berupa pengakuan dari UNESCO, sehingga wajar saja apabila batik yang banyak dikenal. Namun, tidak hanya batik yang sudah pernah melanglang buana ke kancah Internasional. Terdapat juga jenis kain yang bahkan telah menjadi representasi Indonesia dalam Intermoda Expo 2018, suatu acara busana internasional yang diadakan di Guadalajara, Meksiko. Jenis kain tersebut adalah kain pantai solo khas buatan Mojolaban.

Jika dibandingkan dengan kain-kain yang lain seperti kain tenun Flores atau songket Palembang, memang kain pantai solo Mojolaban bisa dikatakan masih asing di telinga orang banyak. Jenis kain ini sendiri masih belum menjadi produk andalan Indonesia dalam pasar ekspor. Meskipun demikian, ketenaran kain pantai Mojolaban kini mulai perlahan naik, tidak hanya dalam segi kualitas, namun juga dalam segi produksinya.

Kecamatan Mojolaban berlokasi di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. Lokasi tepatnya yaitu tujuh kilometer dari tenggara Kota Solo, berbatasan dengan sungai Bengawan Solo. Kecamatan ini dapat menghasilkan sekitar 2.000 meter kain pantai setiap harinya, yang merupakan hasil produksi baik dari industri rumahan ataupun dari pabrik-pabrik besar. Dalam salah satu desa di Mojolaban yang bernama Desa Gadingan, hampir setiap rumah yang ada di desa ini memiliki halaman yang digunakan untuk menjemur kain pantai. Dari hasil produksi tersebut, beberapa telah menembus pasar lokal seperti Yogyakarta dan Bali, dan beberapa perusahaan juga bahkan telah menembus titik ekspor.

Karena ketenaran kain pantai yang sedang naik, daerah Mojolaban kini perlahan menjadi kawasan wisata budaya. Wisatawan sudah mulai berdatangan, domestik ataupun mancanegara. Aktivitas yang dapat dilakukan di Mojolaban tidak hanya berbelanja kain, namun juga menonton proses produksi kain pantai itu sendiri, dari tahap pertama hingga tahap terakhir. Jika wisatawan tersebut beruntung dan datang pada saat yang tepat, maka pengunjung dapat melihat aksi kain-kain yang sedang dijemur di atas bukit-bukit hijau, yang membuat Mojolaban selayaknya lukisan abstrak raksasa. Https://batiksolo.id 08118605394 menyediakan kain pantai solo dengan harga terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *