Makna Motif Batik Bunga

motif batik bunga

Motif batik merupakan suatu simbol dan ciri khas dari batik yang diproduksi suatu wilayah atau keluarga tertentu. Motif batik atau bisa disebut pola batik, memiliki pengertian sebagai suatu kerangka gambar dengan perpaduan garis, isen, dan bentuk tertentu yang mewujudkan batik secara keseluruhan. Motif batik bunga menjadi salah satu dari sekian banyak kelompok motif batik, yang didalamnya berisikan ragam jenis gambar bunga-bungaan hasil rasa dan cipta pengrajin batik. Motif batik bunga dan daun secara sederhana memiliki arti keindahan, kebahagiaan, dan kecantikan. Motif ini juga bisa berarti wahyu Tuhan, yang diberikan untuk menggapai suatu cita-cita. Seperti; kenaikan pangkat, penghargaan, kehidupan yang lebih baik, dan rezeki yang berlimpah.

Harapan dan keselamatan juga menjadi makna lain dari motif ini. Bagi masyarakat tradisional, harapan akan keselamatan, kebahagiaan, dan kesehatan adalah hal yang sangat penting. Karena berkaitan dengan keseimbangan alam yang serasi dan seimbang. Sehingga, pemaknaan akan motif batik dengan gambar bunga, dapat disimpulkan sebagai sebuah gambaran dari kehidupan manusia yang berselaras dengan alam. Keselarasan tersebut dicapai dengan saling menghormati sesama mahluk Tuhan, yakni tanaman. Hal tersebut juga diwujudkan manusia dengan cara menuangkannya dalam gambar bunga, lewat karya seni yang indah yaitu batik.

Secara lebih lanjut, pemaknaan dan pemanfaatan bunga juga digunakan diluar motif batik. Seperti penggunaannya dalam upacara-upacara ritual kebudayaan, misalnya; upacara pengantin. Bunga mawar, melati, cempaka, dan kenanga sangat dominan dalam pakaian maupun riasan yang digunakan oleh kedua mempelai pengantin. Bunga mawar, melati, dan cempaka digunakan untuk melengkapi dandanan wajah pengantin perempuan maupun laki-laki. Bunga melati digunakan untuk menghias sanggul belakang kepala dan bahu pada pengantin perempuan. Bunga-bunga tersebut disusun sedemikian rupa untuk membentuk satu susunan yang indah. Sedangkan untuk pengantin laki-laki, bunga mawar, melati, dan cempaka disusun untuk menghiasi keris pada pakaian yang digunakannya. Serta digunakan untuk menjadi keperluan hiasan pada kalung dan telinga. Selain itu, bunga sedap malam juga dimanfaatkan untuk menjadi penghias ruangan dalam upacara pengantin ini. Hal tersebut kemudian dimaknai lebih lanjut tentang keselarasan antara manusia dengan tanaman, dalam mewujudkan suatu hal yang sakral dan indah, yakni pernikahan.

Https://batiksolo.id 08118605394 adalah toko batik online yang menyediakan aneka motif batik dengan harga terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *