Kain Lurik, Pesona Kain Motif Sederhana

kain lurik

Berasal dari kata “lorek” dalam bahasa jawa, kain lurik memiliki arti corak dengan bentuk lajur atau garis. Di daerah Solo dan Yogyakarta, kain lurik dibuat menggunakan teknik amanan wareg (anyaman polos). Bahan dasar pembuatan kain lurik ini sendiri bisa terbuat dari bahan serat, kapas, serat kayu, serat sutera, hingga serat sintetis. Awal pembuatannya berangkat dari benang katun yang diberikan pewarnaan selama satu hari, yang kemudian dikeringkan dan tidak boleh terkena banyak sinar matahari. Setelah itu masuk ke proses pemintalan, dan yang terakhir adalah proses sekir atau proses pembuatan motif. Harga kain lurik cenderung lebih murah dibandingkan dengan kain batik lainnya. Hal ini dikarenakan adanya penggunaan mesin yang mencetak kain lurik sehingga membuat proses produksi menjadi lebih efisien dan cepat.

Pada dasarnya lurik memiliki 3 motif dasar, yakni:

  • Motif lajuran. Yaitu motif yang coraknya garis-garis panjang dan searah dengan sehelai kain.
  • Motif pakan malang. Motif ini memiliki corak garis-garis yang searah dengan lebar kain.
  • Motif cacahan. Sedangkan motif yang ini, memiliki corak yang cenderung kecil-kecil.

Pada awalnya, kain lurik ini motifnya masih sangat sederhana, hanya hitam, putih, atau kombinasi keduanya. Fungsi dari kain ini adalah sebagai status simbol dan fungsi ritual keagamaan. Dulunya kain ini memang banyak digunakan masyarakat sebagai pakaian sehari-hari. Untuk wanita, kain lurik biasa dijadikan sebagai kebaya. Sedangkan untuk laki-laki, biasanya hanya dijadikan sebagai bahan baju seperti sorjan. Kain lurik juga biasa dipergunakan sebagai bahan selendang yang berfungsi untuk menggendong tenggok. Motif lurik yang digunakan keluarga Keraton juga berbeda dengan yang digunakan dalam upacara adat. Begitu pula dengan motif di keraton yang berbeda-beda, seperti motif telupat untuk Abdi Dalam dan untuk tentara dibedakan berdasarkan daerah, ada namanya Jokokaryo, Ketambung, dan lain-lainnya. Kini, penggunaannya semakin beragam karena warna dan motifnya pun kian berkembang. Tidak hanya lagi di produksi menjadi pakaian dan bahan selendang, kain ini sudah bisa dinikmati dengan bentuk yang lebih fungsional lagi seperti tas, dompet, bahkan sepatu dan bebas digunakan oleh siapapun. 

Batiksolo.id 08118605394 merupakan toko batik online yang menyediakan aneka kebutuhan Batik anda, dengan berbagai kualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *