Jenis Jenis Batik Nusantara Yang Populer

jenis batik nusantara

Ada beberapa jenis batik nusantara yang populer, meskipun kata Batik sendiri berasal dari bahasa jawa amba dan nitik, yang berarti menulis titik. Pada dasarnya menulis motif batik dimulai dengan membuat pola berupa titik-titik. Namun seiring berkembangnya waktu, motif batik pun kian beragam dan tidak lagi dilihat menjadi sesuatu yang kuno. Dengan jenis motif batik yang beragam, terdapat beberapa jenis motif yang tergolong cukup populer dikalangan masyarakat. Berikut ini  beberapa contoh jenis jenis  batik nusantara yang cukup populer dengan ragam alasannya:

Batik Mega Mendung

Berasal dari Cirebon, batik ini memiliki ciri khas motif dengan gambar awan yang berukuran besar dan warna yang sangat mencolok. Ragam warna yang sangat disukai dan banyak digunakan antara lain seperti merah tua, ungu, dan hijau tua.

Batik Tujuh Rupa Pekalongan

Motif batik dari kota ini terkenal dengan motifnya yang elegan. Didominasi oleh tumbuh-tumbuhan dan banyak dipengaruhi oleh budaya perdagangan antar bangsa sejak zaman dahulu menjadikan motif batik pekalongan sangat variatif. Ditambah dengan kombinasi batik yang menggunakan tujuh rupa aneka warna.

Batik Parang Rusak

Tidak hanya ditemukan dalam bentuk pakaian, batik ini juga muda ditemui pada jarik dan produk berbahan batik lainnya. Hal tersebut disebabkan oleh variasi motifnya  yang sangat populer di kalangan pecinta batik.

Batik Priyangan Tasikmalaya

Batik Priyangan ini dikenal dengan coraknya yang rapat, rapi, dan berkelas. Dengan dominasi motif rumput dan tumbuh-tumbuhan serta menggunakan warna-warna lembut menjadi ciri dari batik ini.

Batik Lasem

Ciri khasnya yang berupa warna merah menyala, banyak terpengaruh dari kebudayaan Cina pada masanya. Serta beberapa coraknya juga seperti corak tiga negri, latohan, dan krecak yang biasanya menjadi primadona,

Batik Bali

Varian batiknya yang menarik, menjadikan batik ini cukup diminati oleh  masyarakat. Karena dalam batik ini akan banyak ditemui ragam gambar jenis hewan seperti kura-kura, burung, bangau, dan rusa.

Batik Pring Sedapur Magetan

Didominasi dengan gambar-gambar bambu, batik ini seringkali dimaknai sebagai penggambaran dari hidup yang rukun dan tenteram. Karena meneladani karakter bambu yang berarti membuat diri sendiri bermanfaat bagi orang lain.

Batik Malang

Dengan warna-warna cerah dan kombinasi motif gambar-gambar candi di kota malang, menjadikan batik ini sangat unik dan istimewa. Bahkan batik ini pun akan mudah dikenali hanya dengan sekali lihat saja.

Batiksolo.ID 08118605394 adalah toko batik online yang menyediakan aneka kebutuhan batik anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *