Ciri Khas Batik Madura

Ciri khas batik Madura dengan keindahannya yang penuh warna dan esensi seni bercita rasa unggul. Lewat motifnya, batik madura menceritakan tentang kehidupan sehari-hari masyarakat sekitar Madura itu sendiri. Sehingga menghasilkan corak yang berbeda di setiap desain batik pada kain. Ide ragam corak motif batik madura bersumber dari motif hewan, tumbuhan, serta kombinasi keduanya atau bahkan berdasarkan selera pengrajin. Berdasarkan lokasi pembuatannya, Motif Batik Madura terbagi ke dalam dua jenis. Pertama, motif batik daerah pesisir. Menonjolkan warna-warna terang yang cukup berani pada motifnya. Yang kedua, motif batik daerah pedalaman. Motif ini lebih menonjolkan warna-warna lembut yang redup dan corak yang klasik. Satu ciri khas dalam motif batik madura yang sangat menonjol adalah dengan keberadaan garis-garis dominan yang terdapat pada desain batiknya. Setiap desain batik madura memiliki cerita dan filosofi uniknya sendiri, karena timbul atas representasi terhadap kehidupan sehari-hari masyarakat Madura.

Seiring perkembangan zaman, motif batik madura pun dikembangkan oleh para pengrajinnya dengan cara menyesuaikan zaman, agar dapat diterima oleh semua kalangan. Motif-motifnya pun disesuaikan dengan mode saat ini, namun tetap menggunakan ciri khas batik madura seperti dominasi warna merah pada bunga dan hijau pada daun atau tangkai. Saat ini warna dan corak batik dari Madura memang sudah lebih variatif dari sebelumnya. Sehingga sudah banyak yang mengincar batik madura ini dari berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Sejarah Motif Batik Madura pun masih terkait dengan peran kerajaan Pamelingan di Pamekasan, Madura. Dalam sejarahnya, batik madura berkembang pada abad ke-16 hingga abad ke-17 masehi. Saat terjadi peperangan di Pamekasan Madura Raden Azhar (Kiai Penghulu Bagandan) melawan Ke’ Lesap (putera Madura keturunan Cakraningrat I) tersebar kabar bahwa Raden Azhar mengenakan pakaian kebesarannya, yang menggunakan model baju batik motif parang atau motif batik leres dalam istilah bahasa madura. Sejak saat itu batik pun diperkenalkan di wilayah Madura.

Toko batik online http://batiksolo.id 08118605394 menyediakan aneka batik berkualitas yang bisa dibeli secara online dengan aneka jenis pilihan kualitas baik untuk eceran ataupun grosiran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *