Batik Lokcan Batik Burung Phoenix

batik lokcan batik burung

Keberadaan pendatang etnis Tionghoa yang menetap dan bermukim menjadi pengusaha batik di wilayah pesisir Jawa membawa dampak yang besar terhadap corak khas batik-batik pesisiran. Ornamen-ornamen khas Cina yang sering ditemui pada batik pesisiran lazimnya berbentuk burung hong/phoenix, naga, dan ragam hias ukir yang ditemukan pada keramik-keramik Cina seperti mega mendung menjadi inspirasi pada pola-pola motif batik Lasem. Di Lasem, terdapat jenis batik pesisiran yang mendapat pengaruh budaya Tionghoa yaitu batik lokcan. Sebagian berpendapat batik lokcan identik dengan burung hong, yang berarti batik lokcan batik burung phoenix motifnya. Namun sebagian yang mengetahui sejarahnya berpendapat bahwa lokcan lebih mengacu pada material kain bahan batiknya bukan merujuk pada motifnya.

Lokcan, dalam bahasa Canton berarti sutra biru (lok=biru, can=sutra). Batik lokcan adalah jenis batik yang bahannya berasal dari sutra berwarna biru motifnya khas ornamen-ornamen yang identik dengan budaya etnis Cina. Batik lokcan kemudian berkembang menjadi batik eksklusif yang diminati oleh kalangan menegah keatas. Bahan kain sutra pilihan didatangkan langsung dari Cina. Namun pada retang waktu ketika pendudukan Jepang berlangsung, produksi batik lokcan mengalami kendala berarti. Kesulitan ekonomi yang dialami para saudagar batik ketika itu membuat impor kain sutra sebagai bahan dasar produksi batik lokcan terhenti. Para saudagar batik di wilayah pesisir pulau Jawa diharuskan memenuhi pesanan kain batik oleh Jepang, maka terciptalah batik hokokai.

Akibat pengaruh pendudukan Jepang dan krisis, tak hanya sutra saja yang sukit didapatkan, bahkan kain mori yang lazim dipakai untuk bahan dasar batik pun sangat sukit ditemui. Pada masa oendudukan Jepang itu produksi batik lokcan sebenarnya masih berlangsung, hanya saja bahan kainnya bukanlah berasal dari sutra cina melainkan diganti dengan kain mori. Meski demikian, batik yang tercipta dari kain mori pun tetap dijuluki batik lokcan karena masih mempertahankan ciri khas batik lokcan original pada batik serupa dengan perbedaan material kain.

Ciri khas batik lokcanĀ  ialah ornamen utamanya berupa burung hong/phoenix. Pada setiap karya batik lokcan dengan variasi apapun, batik lokcanĀ  batik burung phoenix selalu menjadi ornamen utama. Hal inilah yang menyebabkan morif burung hong sangat melekat oada batik lokcan. Burung hong pada batik lokcan melambangkan kebijaksanaan berdasarkan pada kepercayaan orang Cina. Hingga saat ini, batik lokcan masih dapat dijumpai pada sentra-sentra batik yang berada di wilayah pesisir Jawa.

Batiksolo.id 08118605394 adalah toko batik online yang menyediakan aneka batik berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *