Batik Indonesia : Dari Pakaian Kerajaan Hingga Fashion Show

batik indonesia

Batik Indonesia merupakan seni menghias kain dengan canting dan cairan lilin malam, yang dikembangkan di Indonesia dengan metode serta teknik membatik tersendiri. Budaya membatik sendiri sebenarnya sudah tumbuh di kawasan timur tengah, seperti Mesir, India, Turki, China, bahkan Jepang. Sebelum akhirnya masuk ke Indonesia, dan dimodifikasi sedemikian rupa kompleksnya, hingga menghasilkan corak yang khas dan bernilai seni tinggi. Kegiatan membatik merupakan tradisi turun menurun, sehingga suatu motif batik dapat dikenali berdasarkan suatu keluarga atau wilayah tertentu. Keindahan Batik Indonesia bahkan sudah tersebar di seluruh dunia, dan ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi oleh UNESCO pada 2 Oktober 2009.

Tradisi Batik Indonesia dibuktikan dengan sejumlah arca batu dari zaman Kerajaan Majapahit, sehingga berdasarkan hal tersebut, tradisi batik di Indonesia dimulai sejak masa itu. Arca batu Harihara, yang merefleksikan Raden Wijaya, terlihat menggunakan batik Kawung. Hal tersebut juga diperkuat dengan sisa-sisa peninggalan batik di wilayah Mojokerto dan Bonorowo, sebagai wilayah bekas Kerajaan Majapahit. Tradisi membatik sendiri pada awalnya hanya tumbuh dan berkembang di dalam wilayah kerajaan. Batik dinilai sebagai sesuatu yang eksklusif, yang hanya digunakan oleh raja dan para pembesarnya. Bahkan motif batik bisa menjadi wujud dari status seseorang. Hingga seiring berjalannya waktu, tradisi penggunaan batik mulai menjalar keluar kerajaan dan mulai banyak digunakaan oleh rakyat biasa. Walaupun sampai saat ini, terdapat beberapa motif batik tadisional yang hanya bisa dipakai oleh keluarga keraton Yogyakarta dan Surakarta.

Batik memang cukup identik dengan pakaian adat jawa, namun tidak cukup sampai disitu, batik pun kini sudah menjadi pakaian nasional bagi orang Indonesia. Penggunaan batik yang sudah tidak lagi hanya dengan bentuk kain, kini sudah marak digunakan dengan berbagai model pakaian pria maupun wanita. Bahkan batik pun digunakan sebagai pelengkap desain interior dan perlengkapan rumah tangga. Tidak hanya itu, penggunaan batik sebagai pakaian bahkan dibawa oleh para desainer lokal Indonesia, ke kancah internasional lewat pagelaran busana atau fashion show, dengan ragam model pakaian yang lebih modern.

BatikSolo.ID 08118605394 adalah toko batik online, yang menyediakan aneka kebutuhan batik dengan harga terbaik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *