Batik Tambal Pamiluto Kesembuhan dalam Sehelai Kain

tambal pamiluto

Batik dikenakan oleh masyarakat Jawa disetiap fase kehidupannya, dari lahir hingga meninggal dunia. Sudah hal wajar masyarakat Jawa mengetahuinya, namun sedikit yang menyadari bahwa setiap fase kehidupan manusia diwakilkan pada selembar kain batik dengan motifnya. Bagi orang Jawa yang paham dengan hal ini, motif pada batik merupakan doa dan pengharapan.

Motif batik yang merepresentasikan harapan agar orang yang sakit agar cepat kembali mendapatkan kesehatannya ialah pada motif Tambal Pamiluto. Asal-usul motif ini ialah konon jaman dulu ada seorang pendeta yang memakai kain yang penuh tambalan, kaema si pemakai adalah pemuka agama pada waktu itu maka tambalan-tambalan kain pada pakaian pendeta itu dipercaya sebagai penolak bala. Kain dengan motif  Tambal Pamiluto pada jaman dulu dipakai untuk menyelimuti orang yang sakit karena dalam kepercayaan mereka orang yang sedang menderita suatu penyakit seperti kain yang sobek, untuk memulihkannya kembali maka kain itu harus ditambal. Setelah diselimuti dengan kain ini diharapkan akan menyembuhkan yang sakit. Motif Tambal Pamiluto memiliki pola geometris disisi segitiga atas sedangkan bagian segitiga bawah berisi motif floral , tersusun secata teratur motifnya memuat beragam motif sehingga mengesankan bahwa kain ini seperti ditambal.  Ada cerita lain juga tentang motif ini yang dipercaya sebagai alat pemikat dari asal kata pamiluto atau pulut perekat yang akan menciptakan daya tarik terhadap pemakainya. Motif Tambal Pamiluto sendiri terdiri dari unsur motif ceplok, meru, parang dan sebagainya.

BatikSolo.id  08118605394 toko batik Solo online menyediakan batik jenis tambal pamiluto ini, yang terbuat dari kain berkualitas tinggi dan dikerjakan dengan aneka teknik pembatikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *