Jenis Kain Bahan Pembuatan Batik

kain bahan pembuatan batik

Kain bahan pembuatan batik yang menghasilkan kualitas batik (batik tulis dan cap) terbaik harus memenuhi persyaratan tertentu. Persyaratan tersebut diantaranya serat kain tidak akan rusak oleh karena proses pembuatan batik, kain bersifat mudah diwarnai pada suhu ruangan karena lilin/malam yang diaplikasikan pada kain batik akan meluruh saat terkena panas. Pada umumnya serat kain yang terbuat dari serat tumbuhan atau serat protein hewan dapat memenuhi persyaratan tersebut. Berikut beberapa kain sebagai bahan dasar pembuatan batik.

  1. Kain Mori. Kain mori bertekstur halus karena terbuat dari kapas. Kain mori sangat lazim sebagai bahan baku pembuatan batik. Mori dibedakan menjadi dua, kain yang biasa dipakai untuk batik adalah kain mori yang sudah mengalami proses pemutihan (bleaching) sedangkan mori yang tidak mengalami proses bleaching disebut blacu. Motif juga memiliki beragam jenis, jenis-jenis kain mori sebagai berikut: a) Kain Mori Prisima. Kain ini adalah jenis mori yang sifatnya paling halus. Batik dari kain jenis ini tentunya memiliki harga yang terbilang tinggi. b) Mori Prima. Kualitas mori prima berada dibawah prisima. 3) Mori Biru. Mori jenis ini merupakan kualitas terendah dari kain mori karena teksturnya lebih kasar dibanding jenis mori lainnya.
  2. Kain Katun. Kain katun juga lazim digunakan dalam industri batik modern. Adanya perkembangan teknologi yang mampu memproduksi bermacam-macam kain jenis katun. Ada beberapa tipe kain katun yang dapat diproduksi menjadi kain batik. a) Katun Grey. Katun ini sebenarnya diperoleh dari kain yang tidak diputihkan sehingga menghasilkan warna yang agak keabu-abuan. Kain ini biasa digunakan pada batik yang tidak mengandung warna putih. b) Katun Prima. Sifatnya kebih tipis dengan pintalan tidak rapat, namun jenis ini masih nyaman bila dipakai harganya pun lebih ekonomis. c) Katun Mercerized. Kain katun jenis ini sifatnya tidak akan banyak meyusut saat proses pencucian.
  3. Kain Sutra. Kain sutra memang salah satu jenis kain yang terbilang premium. Kain sutra yang penggunaannya hanya untuk pakaian saja harganya terbilang tinggi, apalagi melalui serangkaian proses pembatikan maka batik dengan kain jenis ini tentu memiliki harga yang mahal. Kain ini memiliki beberapa keunggulan. Antara lain sifatnya yang kuat, halus saat menyentuh kulit, mampu menyerap keringat dengan baik, permukaan kainnya yang tampak kemilau memberikan kesan mewah, kain sutra ternyata mampu melindungi pengaruh buruk terhadap sinar ultraviolet.

Pemilihan jenis kain bahan pembuatan batik , baik batik tulis maupun cap sangat berpengaruh pada segi harga dan kenyamanan saat dikenakan. Batik dengan kain sutra memang memiliki kualitas premium, namun kain mori yang lazim dipakai untuk batik umumnya sudah menghasilkan batik halus yang berkualitas. Pilihan apapun yang dijatuhkan akan lebih bermakna bila kita menghargai batik lebih dari keelokan motif dan keindahan warnanya semata. BatikSolo.ID 08118605394 menyediakan aneka kain batik Solo dengan beragam kualitas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *