Batik Cap Kombinasi Tulis

batik cap kombinasi tulis

Batik cap kombinasi tulis, asal penamaan kedua jenis batik ini berasal dari metode pembuatannya. Seperti namanya, batik cap diciptakan dengan cara dicap atau distempel dengan canting khusus cap, sedangkan batik kombinasi adalah perpaduan antara batik tulis dengan batik cap. Proses pembuatan batik cap memiliki beberapa langkah yang sama dengan batik tulis, yang membedakan ialah pada batik cap kain distempel dengan canting cap. Canting ini dibuat dari tembaga dengan rata-rata berukuran 20cm x 20cm. Pertama, kain mori diletakkan pada bidang datar yang telah diberi alas yang empuk. Selanjutnya canting cap dicelupkan pada cairan malam panas yang sudah disiapkan dan dicapkan pada kain. Proses pewarnaan dan peluruhan malam sama seperti pada batik tulis. Hanya saja jika pada batik cap menghendaki warna lebih dari satu maka motif yang sudah ada ditimpa kembali dengan malam setelah proses pewarnaan pertama. Proses pembuatan motif baru pada batik cap lebih rumit dibanding pada batik tulis karena membutuhkan ketepatan memposisikan canting agar kesesuaian antarmotif terjaga. Warna kain batik cap cenderung lebih awet dibandingkan dengan jenis batik lainnya karena proses pewarnaannya yang berulang-ulang.

Pada batik cap kombinasi tulis metode pembuatannya tentu mengadopsi dari kedua teknik tulis dan cap. Teknik cap digunakan sebagai motif dasar sedangkan teknik tulis untuk melengkapi runga jeda antarmotif cap satu dengan yang lain. Motif untuk mengisi bagian yang kosong tersebut (isen-isen) dapat berupa titik-titik (cecek), bunga atau motif lainnya. Selanjutnya teknik pewarnaan serta peluruhan malam sama seperti pada teknik pembuatan batik lainnya.

Ada tips untuk membedakan ketiga jenis batik tersebut, ketiganya memiliki ciri masing-masing antara lain, batik tulis: bentuk ornamen atau motif dasar antar satu dengan yang lain tidak ada yang identik sama, hal ini disebabkan pengerjaannya yang manual. Sedangkan bentuk isen-isen cenderung lebih rapi. Batik cap: ornamen atau motif utama identik satu sama lain. Isen-isen cenderung tidak rapi karena pada proses pengecapan terdapat malam yang porsinya terlalu banyak (mbleber). Warna kain lebih mengkilap, serta warna dikedua sisi sama. Batik cap kombinasi tulis : motif dasar identik satu sama lain sedangkan isen-isen cenderung lebih rapi dibanding teknik cap karena pengerjaannya secara manual.

Dari segi harga tentu batik tulis menempati harga tertinggi dibamding jenis batik lainnya. Karena selain prosesnya yang panjang batik tulis merupakan hasil karya seni karena merepresentasikan kreasi pembuat pola motifnya. Apapun jenis kain batik yang menjadi pilihan, satu hal yang menjadi catatan penting. Batik seaungguhnya merujuk pada proses penciptaan serta filosofi yang terkandung ketika dikenakan bukan semata-mata selembat kain bermotif tradisional. Dengan mengenal wajah batik yang sesungguhnya semoga kita bisa lebih mencintai budaya kita. BatikSolo.ID 08118605394 merupakan toko Batik Solo online yang menyediakan kebutuhan batik anda dengan harga terbaik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *